Managemen hubungan pelanggan (customer relationship
management) adalah manajemen
hubungan antara perusahaan dengan pelanggan sehingga baik perusahaan dan
pelanggannya akan terjalin hubungan yang baik dan saling menguntungkan.
Strategi ini bertujuan untuk mem-bangun hubungan jangka panjang dengan
pelanggan karena alasan lain juga yaitu hubungan jangka panjang itu lebih baik
terutama kepada perusahaan itu sendiri dikarenakan bahwa lebih murah menjaga
hubungan baik dengan palanggan lama ketimbang harus mencari pelanggan baru dan
ingin menjadi pelanggan untuk seterusnya kelak. Oleh karena itu, perusahaan
dengan segala upaya mengambil cara untuk membentuk hubungan yang baik dengan
pelanggan yang sudah ada dengan memahami para pelanggannya sehingga kebutuhan
pelanggan akan dapat dipenuhi dan pelanggan akan tetap setia dengan perusahaan
itu sendiri. Pada praktik CRM, perusahaan akan menerapkan sebuah sistem CRM.
Sistem CRM akan mengakumulasi data pelanggan dalam jangka panjang dan
menggunakan data untuk memberikan informasi kepada pelanggan.
buat contoh aplikasi CRM pada retailer kecil dan menengah ada di blog saya :D
ReplyDeleteterima kasih cuy,
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDelete