Monday, November 28, 2011

Customer Relationship Management (CRM)



Managemen hubungan pelanggan (customer relationship management) adalah manajemen hubungan antara perusahaan dengan pelanggan sehingga baik perusahaan dan pelanggannya akan terjalin hubungan yang baik dan saling menguntungkan. Strategi ini bertujuan untuk mem-bangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan karena alasan lain juga yaitu hubungan jangka panjang itu lebih baik terutama kepada perusahaan itu sendiri dikarenakan bahwa lebih murah menjaga hubungan baik dengan palanggan lama ketimbang harus mencari pelanggan baru dan ingin menjadi pelanggan untuk seterusnya kelak. Oleh karena itu, perusahaan dengan segala upaya mengambil cara untuk membentuk hubungan yang baik dengan pelanggan yang sudah ada dengan memahami para pelanggannya sehingga kebutuhan pelanggan akan dapat dipenuhi dan pelanggan akan tetap setia dengan perusahaan itu sendiri. Pada praktik CRM, perusahaan akan menerapkan sebuah sistem CRM. Sistem CRM akan mengakumulasi data pelanggan dalam jangka panjang dan menggunakan data untuk memberikan informasi kepada pelanggan.

3 comments: